Social media tidak ada matinya dan terus berkembang. Pengguna social media semakin bertambah dari tahun ke tahun dengan skala perbandingan yang signifikan. Ini menunjukkan masyarakat online semakin bertumpu pada keberadaan social media untuk melakukan interaksi, berbagi, mencari informasi, berteman, mengaktualisasikan diri, dan yang tidak kalah penting: melakukan promosi bisnis secara online.

Situs social media semakin menjamur dengan berbagai macam tawaran, fitur, dan bentuk interaksi. Lihat saja Instagram, situs social photo sharing, yang belakangan diakuisisi Facebook dengan harga fantastis, 1 juta dollar. Situs ini menawarkan layanan berbagi foto yang mendapat tanggapan baik dari masyarakat internet dunia. Digitalbuzzblog menyebutkan bahwa dalam dua tahun, Instagram telah memiliki 50 juta pengguna aktif. Bersama Facebook, sebagai sebuah aplikasi, Instagram mengumpulkan 300 juta foto per hari atau kira-kira 58 foto per detik, dan mendapatkan 1 user baru dalam setiap detiknya. Atau lihat saja Pinterest, sama-sama diluncurkan 2 tahun lalu, yang disebut-sebut sebagai social media dengan perkembangan tercepat.

Tentunya, dengan banyaknya situs social media yang sukses dalam berkembang, memilih dan membuat list social media terbaik tidak bisa lepas dari perdebatan dan ketidaktepatan karena ada banyak perspektif penilaian yang berbeda-beda. Untuk list yang disajikan oleh tautweb.com ini, statistik dan urutan social media didasarkan pada statistik yang dirilis oleh Experian Hitwise, yang mengukur market share social media di Internet berdasarkan data yang bersumber dari jaringan IP, Alexa, situs-situs web metrics, dan statistik yang dikumpulkan oleh Google Ad Planner.Daftar Situs Media Sosial Terlaris

10. LiveJournal

Seorang programmer berkebangsaan Amerika yang ingin tetap berhubungan dengan teman-temannya dan terus mendapatkan update informasi terbaru kemudian menciptakan dan mendirikan LiveJournal pada tahun 1999. 10 tahun kemudian perusahaan ini pindah ke Rusia setelah sebelumnya, pada 2007, dibeli oleh sebuah perusahaan Rusia, SUP Media. Semenjak itu, LiveJournal berkembang pesat hingga meraih 17 juta pengguna yang memiliki online diary/blog. LiveJournal terkenal sebagai wadah bagi mereka yang ingin menyampaikan pendapat-pendapat politis.

9. Yahoo! Answers

Memang agak mengejutkan ketika melihat Yahoo! Answers ada di posisi ke empat karena social media ini tidak menawarkan banyak hal. Namun demikian, jumlah pengguna sebesar 130 juta menunjukkan bahwa Yahoo! Answers memiliki popularitas dan traffic signifikan. Yahoo! Answers berfokus pada tanya jawab oleh user dalam topik-topik tertentu, dari yang teringan seperti “apa makanan terenak” hingga yang terberat seperti “siapa penemu bumi”. Ada beberapa halaman profil seperti contact, friends, dan interests. User dapat berlangganan (subscribe) update terbaru dari sebuah pertanyaan atau jawaban. User yang aktif dan memiliki jawaban terbaik mendapat poin dan peningkatan level. Pertanyaan dan jawaban di Yahoo! Answer sepertinya kurang di-filter sehingga pertanyaan atau jawaban apapun bisa masuk, namun kualitasnya tetap terjaga. Ada situs lain garapan Google di beberapa negara yang memiliki fitur hampir sama, misalnya di Indonesia ada Google Tanya Jawab. Namun hingga saat ini Yahoo! Answers masih bertahan dan lebih menjadi favorit.

8. MySpace

Pada awalnya MySpace (didirikan pada 2003) merupakan raja dalam “rantai makanan” social media dan networking. Pada perjalanannya popularitas MySpace menurun karena persaingan ketat dan rumitnya layout halaman. Pada 2008, posisinya semakin lemah berbarengan dengan menanjaknya popularitas Facebook dan Twitter. MySpace dikenal sebagai wadah sosialisasi dan berbagi di kalangan artis, terutama musisi/band.

7. Pinterest

Pinterest merupakan situs social media yang terbilang masih muda (2010; didirikan oleh Ben Silbermann), namun kemudian dengan cepat melibas dan mensejajarkan diri dengan beberapa situs social media besar. Pinterest adalah media berbagi kesukaan (interest) yang difokuskan pada photo sharing, dimana user dapat berbagi foto dan user lain dapat melakukan like dan repost/re-pin (seperti retweet). Layoutnya pun hampir mirip dengan Pinboard. Gambar/foto dibagi dalam beberapa kategori, misalnya: Architecture, Sports, Movies, dll. Yang menarik dan disukai oleh para webmaster adalah Pinterest sangat menghargai sumber asli, sehingga user kemudian dapat menautkan sumber aslinya (linkback).

Mayoritas pengguna Pinterest adalah wanita. Pengguna baru hanya dapat membuat akun setelah mendapat invitation dari pengguna lain atau dengan mengajukan permohonan invitation dari Pinterest. Invitation dari Pinterest pun belum tentu didapat oleh semua pemohon. Pinterest termasuk 50 website terbaik versi majalah Time 2011. Statistik terbaru dari bulan April menyebutkan bahwa Pinterest mendapat 31 juta kunjungan unik tiap bulannya. Bisnis dan brand yang menggunakan Pinterest misalnya adalah Sony Music, Wall Street Journal, Whole Foods, dan masih banyak lagi. Go to page 2…

© copyright 2012-2015 Ahmad Khoirul Azmi via Digiprove