Update Google Penguin 2.0Setelah melihat berbagai perkembangan mengenai rencana penguin 2.0 update, dan info bahwa Google.Com telah mengalami update penguin 3 hari yang lalu, hari ini saya sepenuhnya mengkonfirmasi bahwa update ini benar-benar sudah dirasakan secara merata di Google indonesia, baik yang menggunakan versi dot com maupun veri dot co dot id. Beberapa hari yang lalu bisa diamati bahwa hasil pencarian Google tidak stabil, alias lebih sering mengalami perubahan indeks, naik turun, dalam waktu super singkat (biasa dikenal sebagai Google Dance), dan kini perubahan itu benar-benar sudah fix, alias sudah mengalami ketetapan indeks baru.

Sejak dua hari dari kemarin, saya amati banyak sekali perubahan di dalam indeks, terutama untuk situs-situs yang berkaitan langsung dengan produk bisnis (obat, fashion/pakaian, produk kecantikan, properti, dan…. Jasa SEO, hehehe). Namun demikian, beberapa niche blog tertentu yang punya persaingan ketat di beberapa niche seperti: kesehatan, dating/percintaan/asmara/quotes/poems, SEO dan blog, gadget, internet dan teknologi, dan fashion dan wanita/kecantikan juga mengalami perubahan indeks yang lumayan besar.

Salah satu parameter yang cukup jelas bagi saya secara pribadi adalah terimbasnya website klien yang baru saya urus satu minggu ini dalam hal SEO ( bahkan belum diapa-apakan ;) ). Penurunan signifikan jumlah traffic sangat terlihat: sejak (hampir) 2 hari yang lalu dari 2000-an pengunjung unik per hari turun menjadi 1100-an pengunjung. Search query yang biasanya mencapai 1500-an perhari turun drastis menjadi sekitar 600an per hari! Bisa dibilang penurunannya hampir mencapai 50%.Dan, sayangnya, menyembuhkan serangan penguin bukan hal mudah. :(

Update Penguin 2.0 ini adalah update ke 4 sejak Algoritma Penguin diluncurkan sejak update pertama April 2012 lalu. Masih dalam artikel mengenai Penguin Update 2.0, Matt Cutts menegaskan bahwa update berbeda dengan refresh. Refresh berkaitan dengan penyesuaian kecil terhadap algoritma dan indeks, sedangkan update adalah perubahan besar-besaran pada sistem algoritma yang digunakan. Bisa jadi update memiliki setting yang berbeda 180 derajat dari sebelumnya. Dia menyatakan bahwa update penguin 2.0 kali ini menjadi update besar-besaran, diperkirakan imbas pada perubahan indeks mencapai 3,2 % (ini perubahan yang sangat besar!) Saya sendiri melihat Google Indonesia memiliki perubahan indeks di atas persentase itu. Jika dinyatakan secara kasar, bisa mencapai 5%.

Berbagai update algoritma Google memiliki untung rugi, sebagian senang sebagian marah-marah atau sedih. ;) Sebagian girang, sebagian mencaci maki. Tapi, sebelum mencaci maki, sebaiknya cek dulu hal apa saja yang mungkin menjadi praktek salah dalam upaya SEO anda. Cek FAQ Algoritma Google untuk melihat beberapa poin penting yang mungkin menjadi masalah, dan bagaimana cara memperbaikinya. Untuk mengecek apa saja poin-pon penting dalam Update Penguin 2.0 kali ini cek list update penguin 2.0.

Bagi anda yang merasa update ini tidak adil, memang tidak mudah juga. Sebab akan sangat banyak hal yang perlu dievaluasi dulu sebelum melayangkan appeal ke Google. Butuh bukti cukup kuat agar bisa melakukan komplain langsung. Kalo saya, lebih baik mengevaluasi website, melihat dimana kelemahannya (termasuk apakah ada backlink-backlink mencurigakan yang tidak sengaja/sengaja dibangun), dan memperbaikinya secara perlahan.

Penguin berkaitan dengan web spam, jadi poin penting yang perlu dilihat terlebih dahulu adalah, pertama: apakah backlink-backlink yg dibangun masuk ke kategori spam (off page SEO)? Mulai dari keyword yang sama pada semua backlink, link dari situs bermasalah, link spam komentar, social bookmark, directory, jual beli link dari situs berkualitas rendah, dan lain-lain. Kedua: apakah konten dan struktur website saya bisa dikategorikan sebagai spam (onpage SEO)? Misalnya: keyword yang diulang-ulang dan membanjiri konten, duplikasi konten (copas, dua halaman yang isinya hampir sama atau bahkan sama), link-link eksternal pada footer, sidebar, navigasi, dll yang jumlahnya berlebihan, atau merujuk ke situs buruk/bermasalah, dll. Ada banyak kriteria spam. Cek kriteria tersebut pada halaman yang sudah saya tulis lengkap di halaman FAQ. Cek juga artikel-artikel berikut:

Good luck, dan selamat ber-SEO ria! :)

© copyright 2012-2015 Ahmad Khoirul Azmi via Digiprove