Berkurangnya Jumlah “Links To Your Site” Dikonfirmasi Sebagai Bug

Share:

Kurang lebih sejak seminggu kemarin, kita melihat banyaknya komplain mengenai menurunnya jumlah “tautan ke situs anda” atau “links to your site” di Google Webmaster Tools. Saya sendiri juga melihat fenomena ini, 26 situs yang saya urus melalui akun Google Webmaster Tools yang sama juga mengalami kasus serupa. Fenomena ini berupa berkurangnya jumlah link, bahkan hingga ratusan ribu link hilang, pernah terjadi beberapa kali. Kasus terakhir adalah pada Februari 2013 lalu, tepat sebelum update pagerank pertama di tahun 2013. Banyak blogger yang kemudian merasa was-was, khawatir jika ada kesalahan yang dilakukan sehingga link-link tersebut hilang atau tidak dianggap Google sebagai backlink (meskipun kenyataannya mayoritas backlink di GWT adalah nofollow, dan tidak bisa menjadi sandaran tolok ukur keberhasilan upaya SEO secara signifikan).

Inti fenomenanya begini, banyak webmaster yang menggunakan Google Webmaster Tools sebagai sumber analisis link menemukan bahwa jumlah link di dalam “links to your site/tautan ke situs anda” menurun drastis dari hari ke hari. Contohnya, blog saya yang awalnya memiliki total link sebanyak 687.000-an backlink berkurang menjadi puluhan ribu dan kini kurang dari  700-an saja.

Links to your site.

Saya sempat membicarakan ini di status saya mengenai salah kaprah rel=”dofollow” yang berkembang menjadi diskusi mengenai kasus ini setelah ada sobat blogger yang bertanya dan sangat khawatir dengan fenomena ini.

https://www.facebook.com/azmi.survivor/posts/10200377228607391

Menakutkankah?! Bagi mereka yang sudah akrab dengan Google Webmaster Tools, mereka tahu bahwa kasus seperti ini sudah berulangkali terjadi. Dan uniknya, saya sendiri melihat pola bahwa kasus ini selalu terjadi menjelang update pagerank, misalnya sebelum update pagerank Oktober 2012 dan Februari 2013. Pola ini bisa “dibaca” dengan baik apabila terus diikuti. Dan kebetulan, saat ini sudah masuk siklus update pagerank kedua tahun 2013. Artinya, saya melihat  beberapa fenomena, seperti bug pada jumlah backlink dan Google Dance, bisa menjadi “pertanda” bahwa update pagerank akan terjadi tidak lama lagi.

Namun demikian, apapun yang akan terjadi setelahnya, faktanya Google telah mengkonfirmasi fenomena ini sebagai bug, dan mereka sedang berusaha memperbaikinya. Berikut statement yang diterbitkan di blog webmaster forum:

Some Webmaster Tools users have reported missing data in the “Links to your site” section. We are aware of this issue and are looking into it; you do not need to take any action. We hope to have the normal data shown again in the near future. The data shown there is informational and does not affect your site’s crawling, indexing or ranking.

Beberapa pengguna Webmaster Tools melaporkan hilangnya data di bagian “Tautan ke Situs Anda”. Kami memperhatikan isu ini dan sedang menyelidikinya; anda tidak perlu melakukan apapun. Kami harap data bisa segera ditampilkan lagi seperti biasanya. Data yang ditampilkan di sana hanya bersifat informasi saja dan tidak mempengaruhi proses perayapan, pengindeksan, dan ranking situs anda.

Huruf yang saya cetak tebal adalah poin penekanan seperti yang saya maksud di awal tadi, Informasi link di Webmaster Tools masuk pada bagian “Lalu Lintas” atau “Traffic”. Artinya, jumlah backlink di Webmaster Tools lebih kepada kemungkinan datangnya arus traffic karena keberadaan link anda di suatu website, tidak peduli itu nofollow atau dofollow, relevan atau tidak relevan.

Jadi sekarang kita dapat mengambil dua kesimpulan sekaligus:

1. Kasus berkurangnya backlink di Webmaster Tools sudah jelas sebagai bug.

2. Anda tidak bisa menilai backlink di Webmaster Tools semata sebagai tolok ukur ranking, sebab titik beratnya lebih sebagai “sumber traffic”. Jika ingin mengetahui backlink sebenarnya, yang relevan dan berkualitas, gunakan kueri link:situsanda.com di Google search. Itupun tidak semua ditampilkan, lebih banyak  backlink yang disembunyikan.

So, sekarang semua sudah terkonfirmasi, dan no worries :).

Say something...

18 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments Protected by WP-SpamShield Anti-Spam