Google Tingkatkan Deteksi Malware + Penguin 2.0 Update

google-penguin-update

Baru saja menyambangi blog Matt Cutss dan ada kabar baru bagi para webmaster dan pegiat SEO. Ini berkenaan dengan update penguin 2.0 yang rencananya akan segera terjadi beberapa bulan ke depan (musim panas 2013). Berikut video yang dihadirkan Matt Cutts dalam video yang dipost di salah satu artikel blognya:

Ada beberapa poin berkaitan dengan keamanan dan SEO terkait dengan update penguin 2.0, jadi saya akan breakdown dalam beberapa poin berikut.

Berkaitan dengan Malware dan situs yang di-Hack:

  • Peningkatan deteksi website yang dihack. Ini berarti kemungkinan blacklist terhadap situs yang dihack dan mengandung malware/phising akan terjadi lebih cepat.
  • Peningkatan komunikasi dengan webmaster saat situs dihack. Webmaster saat ini dapat mengatur pesan yang ditampilkan Google terkait dengan kasus-kasus tertentu, termasuk hack. Dugaan saya, Google akan meningkatkan layanan pesan mengenai situs yang dihack atau mengandung phising/malware dalam waktu nyata, sehingga anda akan segera mendapat informasi sesaat setelah situs terdeteksi.
  • Kemungkinan pemisahaan dan pembedaan antara situs yang dihack dan situs yang benar-benar memiliki konten malware.
  • Peralatan yang lebih baik untuk mendiagnosa dan membersihkan situs yang dihack. Matt mendeskripsikan satu tempat dimana anda bisa tuju sesaat setelah situs di hack. Semua informasi dan petunjuk ada di sana. Sayangnya nama tempat atau situs ini belum disebutkan.
  • Webmaster tools akan dilengkapi dengan detail dan contoh url yang mengandung konten malware atau hack. Tapi ini belum spesifik juga informasinya.

Berkaitan dengan SEO:

  • Google akan masih memberikan prioritas pada konten berkualitas yang “disukai, dibookmark, dan dikunjungi berulangkali” oleh para penggunanya.  Aktivitas ookmark di sini tidak dirancukan dengan link building di social bookmark, beda.  Dugaan saya ini justru berkaitan dengan social media.
  • Google akan memberi hukuman penurunan ranking pada website yang menjual link untuk website lain yang berupaya meningkatkan peringkat di search engine. Pagerank yang diantarkan dari website tersebut ke website lainnya (website yang dilink) juga akan dihapus.
  • Google akan melakukan perubahan besar pada 2 algoritma yang akan mempengaruhi ranking situs-situs yang berurusan dengan spam.
  • Penguin 2.0 memberikan peluang lebih besar dan ranking lebih tinggi pada website yang jelas-jelas memiliki otoritas.
  • Uniknya, Penguin 2.0 akan meringankan jenis hukuman pada situs-situs yang terdampak hukuman berat Penguin 1.0, khususnya itus-situs yang berada di “wilayah” abu-abu dan terkena penalti berat tapi masih memiliki sinyalemen positif, akan mengalami kenaikan ranking.

Itu beberapa poin yang bisa saya rangkum dalam video tersebut. Titik berat saya justru pada kasus-kasus website yang dihack, dan semoga dengan perubahan dan perkembangan di atas, website yang dihack akan segera terdeteksi dan ada petunjuk jelas untuk membersihkannya, seperti janji Google. Berkaitan dengan SEO, sepertinya Penguin 2.0 memang sebuah perubahan besar. Kita tunggu saja pengaruhnya terhadap ranking-ranking di hasil pencarian Google beberapa bulan ke depan. :)

Share:

Ahmad Khoirul Azmi

I am a web development, SEO, content writing, and social media enthusiast. I am currently running two main blogs: Taut Web & Buka Rahasia Blogspot; and developing some web/online stores. For professional SEO & web development services, or any inquiries, feel free to get in touch with me here or here.

You may also like...

6 Responses

  1. Abed Saragih says:

    Mudahan saja update kali ini berdampak baik atau positif Mas, biasanya yang paling dikhawatirkan adalah posisi serp artikel bisa menurun gitu,tapi mudahan saja efeknya positif.

  2. Efran says:

    Komentar di blog saya tanpa capthca tapi dimoderasi. Sekitar 10-20 komentar spam masuk setiap hari (tidak saya publish). Apa ini termasuk “berurusan dengan SPAM” bang?
    Terimakasih

    • Salah satu target penguin adalah spam, dan komentar spam termasuk. Kalo memang termasuk spam ya memang tidak perlu dipublish. Tapi perlu dicek lagi spam beneran atau bukan, kasian pengunjung yang memang niat komentar tapi salah deteksi.

  3. Ibnuh says:

    wah, mas azme keren banget nih. ngurusin 2 blog n 2 duanya sukses :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WordPress Anti Spam by WP-SpamShield